Contoh Surat Lamaran Pekerjaan (2) Berdasarkan Informasi dari Media Massa

Surat lamaran pekerjaan termasuk kelompok surat pribadi yang bersifat setengah resmi. Surat ini disampaikan oleh seseorang yang mewakili dirinya sendiri kepada orang lain atau perusahaan atau instansi lain dimana tujuannya untuk mendapatkan pekerjaan tertentu.

Membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan menarik merupakan hal yang amat penting. Surat lamaran pekerjaan bertujuan untuk memperkenalkan diri Anda pada pihak penyedia kerja sehingga mereka dapat tertarik untuk memberikan Anda kesempatan wawancara dan pada akhirnya Anda pun dapat bekerja untuk mereka.

Seperti halnya pada surat penawaran barang yang perlu menjabarkan mengenai detail produk dan keunggulannya, dalam surat lamaran kerja pun Anda juga harus dapat menyampaikan keunggulan diri Anda dan riwayat diri yang relevan dengan pekerjaan, meski hanya secara singkat.

Sampaikan beberapa hal utama seperti pengetahuan, pendidikan, pengalaman, kecakapan, juga kepribadian yang relevan sesuai posisi pekerjaan yang hendak dilamar. Jika surat lamaran dibuat berdasarkan pada informasi yang tertara pada media massa atau surat kabar lain, maka cantumkan sesuai kriteria yang dibutuhkan perusahaan tersebut.

Karena dibuat berdasarkan informasi dari media massa, hendaknya Anda juga menuliskan asal informasi tersebut. Sampaikan di mana Anda mendapatkan informasinya dan kapan informasi itu diberikan.

Surat lamaran pekerjaan juga harus ditulis dengan bahasa yang menarik, tapi tetap padat berisi. Jangan menulis surat lamaran dengan bahasa yang bertele-tele karena para pembaca surat Anda akan cukup sibuk untuk memperhatikannya.


Simak juga: Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Umum

Contoh surat lamaran kerja

Madiun, 11 Januari  2016

Kepada Yth,
Manager Personalia PT. Alam Raya
Jl. Brigjen Katamso No. 456
Surabaya, Jawa Timur

Dengan hormat,
Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT. Alam Raya, seperti yang tertera pada ‘Harian Jatim Pos’ edisi 9 Januari 2016, dengan ini saya mengajukan diri untuk bergabung sebagai staff Ahli Audit di PT. Alam Raya. Adapun biodata saya seperti berikut:

Nama                                : Netra Hartana, M.B.A
Tempat/Tgl. Lahir            : Madiun, 11 Januari 1988
Pendidikan Terakhir         : S-2 Administrasi Bisnis
Alamat                             : Jl. Bulan Terang No. 99, Madiun
No. Hp                             : 0811 1111 2222
Email                                : NetraH.MBA@gmail.com

Saya terbiasa bekerja keras dengan target. Pengalaman saya sebagai staff ahli audit selama 5 tahun di perusahaan asing membuat kompetensi saya semakin mumpuni. Saya dapat bekerja dengan baik secara mandiri maupun dalam tim.
Karenanya, saya yakin dapat menjadi kandidat terbaik untuk mengisi posisi yang perusahaan Anda tawarkan. Sebagai bahan pertimbangan, saya sertakan beberapa keterangan berikut:
  1. Daftar riwayat hidup.
  2. Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai
  3. Foto copy ijazah S-2 dan transkrip nilai
  4. Foto copy sertifikat kursus / pelatihan yang relevan
  5. Surat rekomendasi
  6. Foto copy kTP
  7. Pass foto terbaru
Saya akan menjelaskan lebih jauh mengenai profil dan skill yang saya miliki dalam kesempatan wawancara.

Terima kasih atas perhatian yang diberikan.

Hormat saya,
Ttd


Netra Hartana, M.B.A